Apa Solusi Dilema Finansial Orang Tua Milenial?

bagaimana solusi finansial milenial


Apakah Anda termasuk orang tua milenial, Ma, Pa? Coba hitung dulu, jika Anda lahir di antara tahun 1977-1997, maka Anda termasuk generasi milenial. Nah, jika Anda ternyata lebih muda lagi, lahir setelah tahun 1997, Anda sudah termasuk generasi Z.  
 
Tiap generasi memiliki ciri khas dan gaya tersendiri dalam menghadapi kehidupan, termasuk bagaimana mereka mengelola keuangannya. Nah, salah satu ciri khas generasi milenial yang kabarnya tipe ambisius dan perfeksionis, serta gen Z yang sangat digital savvy adalah gaya pengelolaan keuangan yang berbeda dibandingkan generasi-generasi sebelumnya. Hal ini diungkap dalam peluncuran platform digital baru ALIVE powered by Generali.  
 
Dikatakan bahwa generasi milenial dan Z memiliki dilema finansial terkait simpanan masa depan dan proteksi. Mengapa bisa terjadi demikian? Mungkin Anda pernah mendengar 3 istilah yang kerap dikaitkan dengan generasi milenial dan Z ini: YOLO, FOMO dan Sandwich Generation. YOLO (you only live once) artinya menikmati hidup tanpa mengkhawatirkan masa depan, FOMO (fear of missing out) atau ketakutan ketinggalan tren, dan Sandwich Generation, yaitu harus menanggung finansial orang tua, dirinya sendiri, dan anak-anak mereka.
 
Ketiga hal tersebut berdampak pada pengeluaran yang besar, dan harus diseimbangkan dengan pengaturan keuangan yang baik. Proteksi tentu saja sangat diperlukan, apalagi di tengah pandemi yang serba tidak pasti seperti saat ini. Namun, diungkap satu survey, hanya 19% milenial yang berminat terhadap asuransi.  
 
Baca juga: Cermat Memilih Produk Asuransi Jiwa
 
Karena itu, Generali, salah satu perusahaan asuransi dan penyedia aset terbesar, meluncurkan ALIVE, yang diyakini sesuai untuk karakter generasi milenial dan Z, serta menjawab kebutuhan mereka, dengan memberikan proteksi jiwa selama 10 tahun dan fitur unggulan yaitu 110% pengembalian dari dana yang disimpan jika tidak terjadi klaim. Karena begitu banyak kebutuhan yang dikeluarkan oleh orang tua generasi milenial ini, premi dirancang terjangkau sesuai usia, bebas memilih tempo dan jadwal pembayaran.
 
Sesuai dengan karakter generasi milenial dan Z yang digital savvy, suka kepraktisan, dan juga diselaraskan dengan kondisi pandemi yang mana orang lebih banyak terhubung secara digital, maka pembelian proteksi ini bisa dilakukan secara online, melalui website www.alive.generali.co.id. Dalam waktu cepat, perlindungan pun bisa langsung berlaku secara instan.
 
Edy Tuhirman, Chief Executive Officer Generali, mengungkapkan, “Melalui platform digital ALIVE, nasabah bisa mendapatkan solusi instan dengan manfaat 2 in 1, yaitu proteksi dan persiapan dana masa depan dalam bentuk pengembalian premi 110%. Proses 100% dilakukan secara digital dan bisa dilakukan kapan saja, di mana saja, oleh siapa saja, di seluruh Indonesia dengan hanya menggunakan ponsel.” Dengan demikian, Edy berharap semakin banyak masyarakat yang terlindungi di tengah risiko hidup yang semakin tinggi dan bisa memiliki kepastian dana cadangan di masa depan.
 
Acara peluncuran ALIVE dihadiri juga oleh seorang mama dari generasi milenial, Nana Mirdad. Ia menceritakan pengalamannya di masa pandemi ini dan kebutuhannya untuk melindungi diri dan keluarga. “Menurut saya pribadi, penting sekali untuk memiliki asuransi, khususnya karena saat ini saya sudah berkeluarga dan memiliki anak, dengan banyak rencana di masa depan. Di tengah kesibukan saya sebagai istri, orang tua dan juga entrepreneur, waktu menjadi sangat penting dan berharga, jadi sebisa mungkin saya menghindari proses yang memakan waktu banyak,” kata Nana.
 
Ibu 2 anak yang bermukim di Bali ini menambahkan, selain mendapat manfaat proteksi dan dana bisa kembali 110%, proses untuk mendapatkan proteksi ALIVE juga sangat mudah dan cepat, hanya 3 langkah saja:  mengunjungi website ALIVE dan melengkapi informasi, membayar premi nontunai, dan mendapatkan polis elektronik yang langsung dikirimkan ke alamat tertera.
 

grc
Foto: Shutterstock
 
Baca juga:
Pilih Asuransi atau Tabungan Pendidikan Anak?
Menyikapi Tawaran Investasi di Media Sosial
Cermat Menabung Biaya Pendidikan Anak


Topic

#keluarga #keuangan

 





Follow Us

angket

Most Popular

Instagram Newsfeed

@parentingindonesia