Berbuat Baik untuk Kebaikan di Bulan Baik
Seperti tahun lalu, Ramadan dan Lebaran tahun ini masih harus dijalani di tengah pandemi. Kegiatan virtual tetap menjadi sarana andalan agar tetap bisa terkoneksi dengan keluarga, orang terdekat, dan para sahabat. Selama bulan Ramadan, Facebook meluncurkan kampanye global yang akan menghubungkan lebih dari 2 miliar orang yang merayakan Ramadan di seluruh dunia melalui kampanye #BulanKebaikan.
“Dengan semangat Ramadan, Facebook, Instagram, dan WhatsApp meluncurkan kampanye #BulanKebaikan untuk memberikan lebih banyak cara dan ide bagi orang-orang untuk melakukan kebaikan dan berkontribusi kembali ke komunitas mereka melalui aplikasi kami. Sebagai bagian dari kampanye ini, kami juga akan mengangkat kisah dan inspirasi dari figur-figur yang telah menciptakan dampak positif di komunitas. Selain itu, kami juga akan menghadirkan serangkaian fitur agar orang-orang dapat mengekspresikan aksi kebaikan mereka serta terhubung dengan teman dan keluarga di bulan suci ini,” ujar Pieter Lydian, Country Director untuk Facebook di Indonesia, membuka acara Peluncuran #BulanKebaikan dari Facebook, Instagram dan WhatsApp yang diadakan Facebook Indonesia awal April lalu.
Ada dua highlight panduan antiribet yang akan dikeluarkan Facebook dan keluarga aplikasinya, yaitu #BulanKebaikan dan UKM Siap Sambut Ramadan. Nah, di #BulanKebaikan akan diisi dengan tiga ajakan kebaikan: Explore Good (Jelajahi Kebaikan), Inspiration Good (Inspirasi Kebaikan), dan Express Good (Ekspresi Kebaikan). Apa saja, sih, aktivasi yang ada di dalamnya?
Explore Good (Jelajahi Kebaikan) akan memberikan panduan ide seru apa saja yang bisa Anda lakukan selama #BulanKebaikan ini, dan panduan UKM #Siap Sambut Ramadan. Kedua panduan ini diperuntukkan bagi masyarakat umum, pelaku UKM, dan komunitas yang berkolaborasi dengan content creator dan public figure. Misal, nih, bazaar Ramadan belum bisa dilakukan, Facebook Indonesia punya tip dan trik agar UKM tetap bisa mendapatkan hasil optimal, maksimalkan bisnis. Caranya? Cukup datang ke halaman Facebook dan dapatkan panduan Ramadan antiribet ini.
Di Inspiration Good (Inspirasi Kebaikan), streamer gamers resmi Facebook akan berkumpul secara virtual selama tiga kali dalam seminggu bersama komunitas mereka menjelang waktu buka puasa dan mengadakan sesi siaran langsung sambil berbagi cerita tentang Ramadan yang menginspirasi mereka. Acara yang diberi tajuk Ramabar (Ramadan Bareng) ini dapat diikuti oleh semua orang di Indonesia melalui halaman Facebook resmi Arkaw, LoeKeren, dan ZAN. Tak hanya itu, akan ada kultum juga bersama Ustad Maulana dan Ustad Syam.
Selain itu, di ajakan Inspiration Good (Inspirasi Kebaikan) akan ada #NgabuburitdiInstagram. Serial Instagram Live selama 30 menit ini akan berjalan setiap Sabtu selama Ramadan. Menghadirkan beberapa kreator konten yang akan berbincang di waktu ngabuburit dengan topik seputar Ramadan dan berbagi inspirasi tentang aksi kebaikan yang mereka lakukan. Ada Prilly Latuconsina, Ersa Mayori, Meisya Siregar, Nagita Slavina dan masih banyak lagi.
Dan salah satu bentuk dukungan Facebook Indonesia untuk UKM, ada Pasar JuWAra, pelatihan bagi para pedagang di pasar tradisional untuk berjualan secara daring menggunakan WhatsApp Business. Belanja di pasar tradisional tanpa ke pasar! WhatsApp, berkolaborasi dengan Alyssa Subandono, mengajak orang-orang untuk terus berbelanja di pasar tradisional sambil tetap menjaga jarak dengan menggunakan WhatsApp. Bermitra dengan UKM Indonesia, WhatsApp akan memberdayakan lebih dari 1000 pedagang pasar tradisional di 22 kota di 15 provinsi agar siap menyambut Ramadan dan Idul Fitri melalui pelatihan WhatsApp Business untuk membantu mereka tetap lancar berkomunikasi dengan pelanggannya.
Sedangkan di Express Good (Ekspresi Kebaikan), nggak seru rasanya kalau kita nggak menghias konten Facebook, Instagram, dan WhatsApp kita dengan sticker dan filter background dengan desain bertema Ramadan yang berbeda di tiap aplikasi. Sticker dan filter background ini akan available di hari petama Ramadan.
Masih ada lagi! Beberapa koki dan vlogger makanan dari Indonesia dan beberapa negara di Asia Pasifik dan Turki, seperti Tastemade Indonesia (Indonesia), Hobby Makan (Indonesia), Eric Herjanto (Pemenang Masterchef Indonesia), Masala TV (Pakistan), Chef Wardah (Pakistan), dan Nefis Yemek Tarifleri (Turki) akan saling berbagi dan bertukar resep makanan Ramadan khas mereka untuk menginspirasi menu buka puasa yang unik dan lezat melalui akun atau halaman mereka di Facebook. Seru!
Baca juga:
Ramadan dan Lebaran Aman di Tengah Pandemi Covid-19
Ramadan Tiba, Mama Siapkan Ini, Yuk!
7 Persiapan Lebaran di The New Normal
Tip Cerdik Hemat Belanja Lebaran
Cara Lain Mempercantik Rumah Jelang Lebaran
GLENNY LEVINA
FOTO: PIXABAY
Topic
#lebaran #puasa #sahur #ramadhan #ramadan #pranaramadan #ramadanparenting #reseplebaran #resepramadan #resepramadhan #menupuasa